PROPOSAL PENGAJUAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA TELEKOMUNIKASI INDOSAT IM3
1.1 Latar Belakang Pembuatan Program
Pelayanan komunikasi tidak terlepas dari peran penyedia jasa telekomunikasi yang bernama provider. Dengan tersedianya provider yang berkualitas maka komunikasi dapat berjalan dengan baik, entah itu komunikasi telephone, short message service (SMS), multimedia message (MMS) , atau video call.
Seiring dengan perkembangan telekomunikasi yang semakin pesat membuat tingginya tuntutan dari customer agar kualitas pelayanan jasa telekomunikasi mampu ditingkatkan. Dalam hal ini kualitas sinyal suatu provider tidak hanya mampu memberi akses di kota-kota besar akan tetapi juga kota-kota kecil ; sinyal yang stabil sepanjang 24 jam; biaya telekomunikasi yang murah; dan berbagai macam fitur tambahan lain seperti RBT, wallpaper, free download games, dll.
Untuk menyelesaikan permasalahan diatas , maka kami dari Developing Team (Tim Pengembangan) ingin membuat suatu terobosan baru dimana provider mampu memberikan kualitas layanan yang sangat baik meliputi kekuatan sinyal yang stabil, mampu menjangkau daerah-daerah kecil, dan menyediakan berbagai macam fitur tambahan namun segala kualitas layanan tersebut dapat dinikmati dengan biaya telekomunikasi yang murah dan terjangkau. Oleh karena faktor diataslah Developing Team berkeinginan untuk merancang suatu program ”SINYAL INDOSAT KUAT. MURAH ITU IM3”
1.2 Batasan Program
Fitur yang disediakan dalam program ini yaitu : Sinyal yang stabil dan kuat; dan fitur-fitur seperti RBT,wallpaper,free download games dan fitur-fitur lainnya yang masih akan terus dikembangkan.
Fitur-fitur yang diberikan pada program ini bertujuan memberi kepuasan bagi pengguna jasa provider dengan biaya yang terjangkau.
1.3 Tujuan Pembuatan Program
Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas Indosat IM3 sebagai provider nomor 1 yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama kaum muda.
1.4 Garis Besar Program
Garis besar program yang disediakan untuk Indosat IM3 ini meliputi:
· Kualitas sinyal ditingkatkan dengan berusaha mempertahankan kestabilan sinyal di daerah perkotaan serta mampu juga menjangkau daerah-daerah terpencil demi meningkatkan jumlah pengguna provider ini.
· Memperbanyak fitur seperti RBT, wallpaper, free download games,dll.
· Biaya yang bukan hanya terjangkau, namun mampu memberi tarif dibawah para pesaing. Meliputi tarif telfon 0.1 per detik, gratis sms setelah memakai pulsa sebanyak Rp 1.000, tarif broadband 0.1/kb, serta free download untuk fitur-fitur khusus.
Dengan segala macam kelebihan diatas diharapkan para pemakai tidak ada keraguan untuk memakai provider ini.
Untuk mencapai tujuan dari program tersebut, Developing Team mengerjakannya dalam beberapa tahapan, yaitu:
1) Analisis Masalah
Untuk melakukan analisis masalah dalam pembuatan program ini, penulis mengerjakannya dengan membaca grafik konsumen yang menggunakan provider IM3 (disediakan oleh Tim IT) dan menyebar questioner.
a. Membaca Grafik Konsumen yaitu proses pengumpulan data yang berkaitan dengan pemakaian provider oleh konsumen meliputi grafik pemakaian jasa telfon, jasa SMS, jasa MMS, fitur apa yang sering dipesan, dan fitur apa yang sering di download. Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan melihat database yang telah dikumpulkan oleh Tim IT. Data yang dikumpulkan bermanfaat sebagai pembelajaran mengenai rancangan pembuatan program.
b. Menyebar Questioner yaitu melalui proses penyebaran questioner kepada mayoritas pengguna jasa provider terbesar yaitu kaum muda dengan range usia 15-28 tahun yang mencakup anak-anak SLTP, SLTA, mahasiswa dan eksekutif muda sehingga didapatkan masukan-masukan yang akurat,tepat, dan dapat dipercaya untuk digunakan sebagai informasi dalam pembuatan program ini. Selain menyebar questioner secara langsung seperti yang telah dijelaskan diatas, Developing Team juga menyebar questioner melalui SMS.
2) Perancangan aplikasi
Pada tahapan perancangan aplikasi program Developing Team membaginya menjadi dua tahapan yaitu proses merancang antarmuka dan proses merancang gambaran umum.
a. Proses Merancang Antarmuka terdiri dari perancangan struktur program, perancangan layout, dan perancangan struktur aplikasi program.
b. Proses Merancang Gambaran Umum dilakukan dengan membuat alur program. Alur program ini menggambarkan urutan setiap langkah atau prosedur dalam urutan yang tepat.
3) Implementasi aplikasi
Tahap implementasi atau penerapan dari aplikasi ini meliputi konfigurasi hardware dan software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi, proses pembuatan aplikasi, kompilasi dan uji coba aplikasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan customer dan melalukan perbandingan terhadap kualitas provider-provider lain.
Tahap terakhir dalam pembuatan program ini adalah tahap uji coba dan mengimplementasikannya kepada customer untuk dilihat bagaimana reaksi mereka terhadap perubahan yang Indosat IM3 telah lakukan.
.
No comments:
Post a Comment